Aneka Soto di Indonesia - Seri Kuliner Indonesia

Soto menjadi makanan khas Indonesia yang cocok dimakan kapan saja. Buat sarapan, bisa bikin mata melek. Buat makan siang, bisalah nyegerin badan. Kalau malem sih sebenarnya ada juga namun jarang ada yang memakannya, soalnya udah nggak ada yang jual (masak sih).

Nah, ternyata soto di Indonesia itu ada banyak macamnya lho. Kali ini, kita telah menghimpun beberapa jenis soto yang ada di Indonesia. Simak yuk ulasannya.

Soto Ayam Lamongan | dickymuharawan.blogspot.com
Soto Ayam Lamongan | dickymuharawan.blogspot.com
1. Soto Lamongan
Sesuai namanya, soto Lamongan adalah makanan khas daerah Lamongan, Jawa Timur. Ciri khas dari soto ini adalah suwiran ayam kampong yang empuk. Selain itu, ada juga koya yang merupakan remahan kerupuk udang.

Soto Madura | dickymuharawan.blogspot.com
Soto Madura | dickymuharawan.blogspot.com
2. Soto Madura
Yang membedakan soto Madura dengan soto yang lain adalah bahan-bahannya. Soto Madura terdiri dari irisan daging sapi, kentang goreng, dan kecambah. Biasanya, dalam penyajiannya didampingi dengan rempeyek.

Soto Betawi | dickymuharawan.blogspot.com
Soto Betawi | dickymuharawan.blogspot.com
3. Soto Betawi
Selain kuahnya yang berbeda, kuah santan atau kuah susu, irisan daging sapi, dan jeroan juga menjadi ciri khas dari soto Betawi. Tak hanya itu, jeruk nipis, sambal, minyak samin, dan emping yang menjadi pendampingnya juga menjadi pembeda dari soto yang lain.

4. Soto Banjar
Banjar adalah salah satu nama suku yang ada di Pulau Kalimantan. Soto Banjar tidak dibumbui dengan kunyit. Potongan lontong selalu hadir dalam setiap penyajiannya. Perkedel, telur, dan potongan daun bawang menjadi pelengkapnya. Terkadang juga ada sate Banjar.

5. Soto Medan
Soto Medan hampir mirip dengan soto Betawi. Kuahnya sama-sama dari santan. Akan tetapi, kuah kental berwarna kuningnya memiliki aroma kapulaga yang sangat khas.

6. Soto Kudus
Kalau tidak memakai daging ayam, soto Kudus memakai daging kerbau. Daging sapi tidak dipakai konon kabarnya karena Sunan Kudus ingin bertoleransi dengan umat Hindu.

7. Soto Lenthok
Soto Lenthok merupakan soto khas Yogyakarta. Pada umumnya, sajiannya sama dengan soto yang lain. Yang membedakan adalah Lenthok. Lenthok bisa dibilang perkedel yang dibuat dari singkong.

8. Soto Tauco Pekalongan
Soto Tauco sering disebut dengan tauto alias tauco soto. Potongan jeroan yang diiris tipis disajikan bersama ketupat dan disiram dengan kuah kaldu. Yang paling mantap adalah tambahan sambal goreng atau tauco.

9. Soto Makassar
Soto Makassar lebih dikenal dengan nama coto Makassar. Coto Makassar dibuat dengan 40 bumbu lho. Kalau masyarakat Makassar sih bilangnya ampah patang pulo. Semua bumbu tersebut direbus dengan potongan daging. Setelah siap akan coto akan disajikan dengan ketupat.

10. Soto Bandung
Kuah soto Bandung berbeda. Kuahnya berwarna bening karena bumbunya hanya diiris tipis. Ciri khas lainnya adalah potongan lobak yang diiris tipis. Selain itu, ada taburan kacang tanah goreng juga.

11. Soto Mie Bogor
Soto Mie Bogor, dinamai seperti itu karena memang soto ini memakai mie. Mie yang dipakai adalah mie telur. Kuahnya berwarna merah karena memakai cabai. Wah, pasti menggoda nih.

12. Soto Padang
Masakan Padang banyak disukai oleh orang. Salah satunya adalah soto Padang. Perbedaan soto Padang dengan yang lain terletak pada kuahnya. Kuahnya berasa gurih dan asam. Rasa gurih didapat dari kaldu, sedangkan rasa asam didapat dari cuka.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts