20 Aplikasi GIS yang Harus Diketahui Setiap GIS Spesialis

20 Aplikasi GIS yang Harus Diketahui Setiap GIS Spesialis :

1. GEOSTATISTIK
Geostatistik adalah kelas statistik yang digunakan untuk menganalisis dan memprediksi nilai-nilai yang terkait dengan fenomena spasial atau spatiotemporal. GIS dapat digunakan untuk menguji apakah nilai yang diamati dari suatu variabel di satu lokasi tidak tergantung dari nilai-nilai variabel di daerah tetangga (autokorelasi spasial). Ini juga dapat digunakan untuk membuat grafik varians yang diukur dengan jarak antara lokasi berpasangan sampel (Semi-variogram).

2. BERKEBUN
Berkebun adalah praktik menanam dan mengolah tanaman sebagai bagian dari hortikultura. GIS berguna dalam berkebun ketika mempelajari iklim mikro (suhu dari badan air besar, topografi, daerah perkotaan yang memerangkap panas) untuk memilih dan menempatkan tanaman mereka dengan hati-hati dan membuatnya berkembang.

3. GEOLOGI
Geologi adalah ilmu bumi yang berkaitan dengan Bumi yang padat, batuan yang menyusunnya, dan proses yang dengannya mereka berubah dari waktu ke waktu. SIG sangat berguna dalam disiplin ini. SIG dapat digunakan untuk menafsirkan analisis geomorfologi berdasarkan permukaan dan orientasinya. GIS juga dapat digunakan untuk membuat model 3D yang kuat, cepat, dan dapat disesuaikan dengan perpaduan data geologis, data GIS, data sumur / lubang bor, dan data cloud titik.

4. GAMING
Gaming adalah tindakan bermain game, permainan video, permainan peran, atau permainan meja. SIG juga dapat diterapkan di sini. GIS dapat digunakan untuk membangun lingkungan realitas virtual 3D yang realistis. Bagaimanapun, realitas virtual adalah tentang lokasi dan rasa tempat.

5. KEHUTANAN
Kehutanan adalah ilmu atau praktik menanam, mengelola, dan merawat hutan. GIS digunakan untuk mengambil inventarisasi hutan atau pohon yang diperlukan untuk mengetahui unit pemanenan kayu dengan merujuk pada kelas umur dan tipe hutan untuk mengukur areal kayu dengan lebih baik dan perkiraan rata-rata


6. PENDIDIKAN
Pendidikan adalah proses memperoleh pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai, kepercayaan dan kebiasaan baik secara formal maupun informal. GIS juga dapat memperluas batas-batas pendidikan dengan membantu siswa menavigasi melalui kampus menggunakan aplikasi pemetaan online. Ini juga membantu menyediakan rute teraman ke sekolah.

7. EKONOMI
Ekonomi adalah disiplin ilmu sosial yang berkaitan dengan deskripsi, analisis produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa. SIG berguna untuk menggambarkan aliran orang atau barang dari satu titik ke titik lain berdasarkan nilai dengan garis keinginan. Ini juga dapat membantu menentukan tingkat dan tingkat globalisasi ekonomi menggunakan data perdagangan internasional melalui waktu.

8. ILMU KONSUMEN
Ini adalah studi yang berkaitan dengan ekonomi dan manajemen rumah. GIS digunakan untuk menganalisis informasi berbasis lokasi, untuk mengungkapkan hubungan antara individu, keluarga, dan masyarakat, dan lingkungan tempat mereka tinggal. Ini juga digunakan untuk menentukan perilaku pembelian dengan mengkorelasikan variabel yang tidak terpikirkan seperti cuaca dan lokasi dengan perilaku pembelian untuk menemukan peluang penjualan.

9. OTOMATIS / MEKANIK
Mobil atau mobil kebanyakan merujuk pada kendaraan bermotor roda empat yang dimaksudkan untuk transportasi. Industri otomotif telah menjadi teknologi canggih sehingga aplikasi GIS akan semakin memperbaikinya. GIS membantu menentukan perkiraan waktu perjalanan Anda. Ini juga membantu memonitor kebiasaan mengemudi seperti kecepatan, akselerasi yang tiba-tiba dan mendorong rem untuk penjaminan asuransi.

10. PENERBANGAN
Penerbangan atau aeronautika adalah desain, pengembangan, produksi, operasi, dan penggunaan pesawat terbang. GIS digunakan untuk mensimulasikan jalur penerbangan yang terintegrasi dengan data ketinggian, citra, dan data spasial lainnya menggunakan Falcon View. Ini juga digunakan untuk mencari rute terbaik, ketinggian yang aman dan alat bantu navigasi di langit dengan peta aeronautika.

11. AQUATICS
Perairan meliputi kegiatan yang berkaitan dengan air. Dari tanaman air (tanaman yang hidup di air), hewan air hingga olahraga air. Pertanyaannya adalah, dapatkah SIG diterapkan pada disiplin? Ya, itu bisa. Ini dapat digunakan untuk mempertahankan tingkat populasi ikan yang berkelanjutan dengan pemantauan satelit suhu permukaan laut dan warna laut.

12. ARSITEKTUR
Arsitektur adalah proses perencanaan, perancangan, dan pembangunan bangunan dan struktur fisik lainnya. GIS telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan arsitektur. GIS digunakan untuk merencanakan gedung-gedung bertingkat tinggi sehingga mereka tidak menghalangi pandangan gunung di garis pandang kita. Ini juga digunakan untuk menilai kelayakan dan merencanakan bagaimana menerapkan dan meningkatkan perencanaan kota, arsitektur, dan desain keseluruhan.

13. ASTRONOMI
Astronomi adalah ilmu yang mempelajari benda-benda langit seperti planet, bulan, bintang, galaksi, dan komet. Ini juga merupakan studi evolusi mereka. GIS dapat berguna dalam menyelidiki garis medan magnet dalam 3D dengan peta medan geomagnetik internasional. Itu juga dapat digunakan dalam melacak lokasi waktu-nyata dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

14. ENERGI
Dengan dunia yang selalu membutuhkan energi, kami bertanya-tanya solusi apa yang dapat disediakan GIS. GIS membantu mengelola risiko nuklir. Ia melakukan itu dengan menentukan pelepasan radioaktif pembangkit nuklir dengan waktu evakuasi dan populasi yang terpapar. Ini membantu dengan pembangunan energi terbarukan. Dengan mengumpulkan informasi tentang ketinggian gelombang laut dan angin, bendungan listrik dapat dibangun.

15. EKOLOGI
Ekologi adalah analisis ilmiah dan studi interaksi antara organisme dan lingkungannya. Ini disiplin terkait dengan biologi dan geografi. Bagaimana SIG berkontribusi kemajuannya? GIS membantu untuk memahami hubungan antara satwa liar dan bentang alam melalui proses yang disebut Land Facet Corridor Analysis. GIS juga memetakan kekayaan, distribusi, dan keanekaragaman organisme pada lanskap berdasarkan penanda molekuler (DNA).

16. KEJAHATAN
Dalam cara yang paling sederhana, kejahatan adalah tindakan melawan hukum yang dapat dihukum oleh negara atau otoritas lain. Kejahatan biasanya memiliki efek berbahaya atau konsekuensi yang merusak pada korban. Bagaimana SIG membantu menangkap orang jahat? GIS dapat membantu dengan panggilan darurat dan pengiriman. Karena panggilan darurat dimulai dan berakhir di suatu lokasi, GIS dapat mengatur panggilan darurat dan mengirim unit ke lokasi yang tepat. GIS dapat membantu mencegah pencurian mobil melalui kendaraan yang mendukung GPS.

17. BISNIS DAN PERDAGANGAN
Kesepakatan bisnis dan perdagangan dengan pertukaran barang dan jasa. Ini terutama tentang transaksi sehari-hari manusia. SIG juga dapat diterapkan di sini. GIS membantu dengan pemasaran dengan merevitalisasi strategi penjualan dan dengan menjangkau pelanggan secara langsung dengan intelijen lokasi. Ini juga membantu rantai pasokan dengan menemukan rantai pasokan mana yang rentan, untuk merencanakan dan memperbaikinya dengan lebih baik.

18. PERENCANAAN KOTA DAN REGIONAL
Perencanaan perkotaan dan regional berfokus pada penggunaan lahan, penggunaan lingkungan, desain lingkungan perkotaan, termasuk udara, air, dan infrastruktur yang masuk dan keluar dari daerah perkotaan, seperti transportasi, komunikasi, dan jaringan distribusi. Penerapan SIG dalam disiplin yang begitu luas dan teknis membuat jauh lebih mudah. SIG berguna untuk menganalisis dan memantau pertumbuhan perkotaan dan arah ekspansi, dan untuk menemukan situs yang cocok untuk pengembangan perkotaan lebih lanjut. Ini juga berguna untuk menentukan ledakan populasi.

19. PERTANIAN
Aplikasi GIS beragam di bidang pertanian. Pertanian pada dasarnya adalah tentang produksi tanaman dan pemeliharaan hewan untuk konsumsi manusia dan keperluan lainnya. Penerapan SIG dalam pertanian dapat banyak berubah. Ini dapat membantu memerangi penyebaran hama dengan mengidentifikasi area intervensi kritis dan intervensi kontrol penargetan yang efisien. Ini juga dapat digunakan untuk menganalisis data tanah dan untuk menentukan: tanaman apa yang terbaik untuk ditanam?

20. ANALISIS DAMPAK LINGKUNGAN
Karena lanskap yang terus berkembang, kondisi atmosfer, dan ekosistem, menjadi sangat penting untuk memantau perubahan ini. Penerapan SIG di daerah ini sangat fenomenal. Ini memberi kita wawasan yang lebih baik tentang berbagai kegiatan yang dapat memiliki efek negatif terhadap lingkungan. GIS adalah alat yang berguna untuk memprediksi dan menjelaskan bagaimana perubahan iklim akan mengubah habitat atau menghancurkan ekosistem, yang akan menyebabkan hewan berpindah untuk bertahan hidup.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts